Definisi transportasi.

  • Transportasi pada hakikatnya adalah proses transfer atau perpindahan orang dan atau barang/jasa dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Dengan asumsi bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Tuhan dan disediakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran hidup manusia, maka selayaknya manusia boleh bepergian kemana aja tanpa batasan wilayah administrasi, tembok, penghalang atau apapun, kita bebas berada di manapun kita inginkan
  • Dengan demikian maka segala macem halangan, rintangan dan hambatan yang seharusnya dihilangkan dalam dunia transportasi..
  • Dalam dongeng Brama Kumbara, dia punya ilmu “rasclok”, tinggal memejamkan mata dia udah bisa pindah ke tempat yang dia bayangkan.. kira-kira begitulah idealnya sebuah transportasi bekerja…

Posisi Transportasi.

  • Transportasi selama ini dipandang (hanya) sebagai kebutuhan turunan(derived demand), katakanlah setiap hari kita butuh makan yang untuk beli makanannya kita perlu naek sepeda ke warung, kita butuh pakaian yang mana untuk membeli pakaian kita harus naek angkutan, kita perlu bersosialisasi yang untuk mencapai rumah pacar itu kita perlu naek motor, kita perlu rekreasi dan untuk itu perlu naek bus pariwisata..
  • karena posisinya sebagai kebutuhan turunan itulah mungkin transportasi kurang dipandang sebelah mata (untuk dikembangkan)..kemacetan lalulintas, polusi udara dan suara, pemborosan energi dan lain sebagainya sering disebut-sebut oleh para ahli sebagai kegagalan sistem transportasi !
  • Saya kurang sependapat dengan kegagalan sistem transportasi sepengetahuan saya dikatakan gagal itu kalo sudah diupayakan dengan maksimal.

Kembali ke Khittahnya.

  • apa dasar yang bisa memperkuat statement saya bahwa kondisi transportasi kita ini kurang perhatian, termarjinalkan ? Dapat dilihat pada perlakuan terhadap sektor transportasi.transportasi (selama ini) dipandang sebagai “alat” untuk mendapatkan income bukan sebagai alat untuk membangun. lihat apa yang diambil pemerintah dari sektor transportasi : pajak kendaraan bermotor, retribusi parkir, dana pengurusan surat ijin mengemudi, balik nama kendaraan, dll.. lalu bandingkan dengan pendapatan dari sektor transportasi tersebut dengan pengembalian untuk pembangunan sektor transportasi (katakanlah pembangunan jalan dan angkutan umum),
  • lalu apa yang seharusnya kita perbaiki terhadap sektor ini ? segala sesuatu akan sangat dipengaruhi oleh cara berfikir(way of thinking)nya dulu. mungkin kurang tepat istilah “kebutuhan turunan” untuk sektor transportasi. Hampir sama ketika kita menyebut pinjaman/utang dengan istilah bantuan.
  • jadi kenapa kita tidak perlakukan saja transportasi sebagai kebutuhan utama kita karena kenyataannya emang demikian. kita makan paling juga tiga kali sehari, membeli baju seminggu sekali, rekreasi sebulan sekali, tapi apa ada dari kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari tanpa membutuhkan transportasi.

Fungsi (filosofis) transportasi.

  • Transportasi mempunyai dua fungsi utama yaitu mempercepat proses pembangunan, dan pemerataan pembangunan.
  • makna filosofis transportasi adalah pendorong, penggerak, roda perekonomian dan sekaligus berfungsi untuk mengurangi kesenjangan (gap) antar daerah, antar si kaya dan si miskin, antar pria dan wanita.. semua diperlakukan se-sama (se-sederajat)……
Advertisements