kuliah transportasi

materi kuliah transportasi: penelitian, berita & informasi, kebijakan transportasi di Indonesia

izin & Lisensi

Untuk membayangan izin dan lisensi mari kita ingat film James Bond: License to Kill

coba kita bahasa indonesia kan film ini, apa jadi “ijin untuk membunuh” atau “lisensi untuk membunuh”?….

Kemudian mari kita lihat surat ijin mengemudi yang kita punya:

Nah terlihat “Surat Izin Mengemudi” di bahasa inggriskan menjadi “Driving License”. Jika Izin = License lalu kalo permit apa dong? apa bedanya license dan permit? apa dua-duanya artinya izin?

Mari kita lihat perbedaan antara permit vs license berikut:

Ada sedikit perbedaan antara lisensi dan izin karena keduanya meminta izin dari pihak berwenang untuk melakukan kegiatan atau bisnis tertentu.

  • Izin bersifat bersifat sementara dan sementara sedangkan lisensi bersifat permanen.
  • Izin memerlukan peraturan inspeksi dan keselamatan sesekali dan seseorang mungkin diminta untuk mendapatkan izin bahkan setelah mendapatkan lisensi untuk memulai usaha.
  • SIM merupakan contoh klasik dari sebuah lisensi yang mengharuskan seseorang agar memenuhi syarat untuk mengemudikan mobil di jalan sedangkan izin pengemudi ada batasannya yakni ada pendamping (misal orang tua yang duduk di belakangnya/sebelahnya dengan sepeda motor, mobil) sampai dia memenuhi syarat untuk mengemudikan mobil atau motor sendiri.

sumber: differencebetween

 

Perbedaan izin dan lisensi dijelaskan juga oleh pakar transportasi UGM -Dr. Heru Sutomo:

  • lisensi adalah kewenangan sekaligus tanggung jawab negara yang dilaksanakan oleh pemerintah atas nama negara, lisensi untuk membunuh/ menghilangkan nyawa orang diberikan oleh negara kepada James Bond dalam cerita License to kill untuk kepentingan umum, warga negara tidak punya hak untuk menghilangkan nyawa orang dalam hal ini hanya yang punya lisensi lah yang diperkenankan.
  • ijin lebih mendekati permit, misalnya ijin mendirikan bangunan, ijin apel di malam minggu, ijin pacaran sampai jam 11 malem, dan sejenisnya.
  • perbedaan mendasar antara ijin dan lisensi adalah dalam kadar tanggung jawab dan kewenangannya, untuk case surat izin mengemudi lebih pas diindonesiakan menjadi lisensi mengemudi karena tanggung jawab dan kewenangan transportasi/ lalu lintas itu ada di negara dan menyangkut kepentingan masyarakat umum dalam skala yang besar (berkaitan dengan keselamatan, pemenuhan hak dan kewajiban warga negara).
Advertisements
%d bloggers like this: